How to use facial mask everyday

August 23, 2018


Pict from oureverydaylife.com

Masih banyak orang yang mempertanyakan apakah boleh menggunakan masker wajah setiap hari ?
Saya juga menjadi salah satu orang yang dilanda kebingungan kala itu, saya sempatkan untuk mencari info untuk mengetahui bolehkah menggunakan masker wajah setiap harinya. Informasi yang saya dapat dan bisa saya sharing yaitu, masker wajah tidak boleh digunakan dengan hanya satu jenis disetiap harinya, harus disesuaikan dengan kondisi wajah terlebih dahulu.

Jadi saya mempunyai tips dan trik seperti ini :
Satu minggu saya bagi menjadi, 2 hari untuk exfoliating, 3 hari untuk hydrating, 2 hari untuk menggunakan lulur wajah (biasanya saya gunakan untuk memberi kulit nutrisi lebih).

Tujuan dari exfoliating
  1. Untuk meningkatkan tekstur kulit yang membuat kulit terasa lebih lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.
  2. Membantu mengurangi tanda-tanda penuaan karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit yang mati cenderung memunculkan garis-garis dan kerutan pada wajah, meskipun kulit kita secara alami memiliki kemampuan untuk beregenerasi, kemampuannya akan melambat seiring bertambahnya usia. Exfoliation dapat membantu proses regenerasi tersebut.
  3. Membantu mengatasi jerawat. Dari hasil yang saya rasakan sebaiknya menghindari produk-produk exfoliating yang berbentuk scrub jika kondisi jerawat masih meradang atau mempunyai kulit sensitif terhadap produk berbentuk scrub, saya lebih memilih untuk menggunakan exfoliating mask yang berbentuk seperti lumpur (Mud Mask atau Clay Mask) untuk referensi bisa juga baca di sini.

Hydrating Mask dengan manfaat hydrating pada prinsipnya adalah menghidrasi kulit, maka cocok untukmu yang memiliki jenis kulit kering. Biasanya, produk ini water-based atau memiliki tekstur yang lebih cair. Untuk mengenali masker yang berkategori hydrating, cari saja yang memiliki kandungan aloe vera di dalamnya. Jika kamu merasa kulitmu dehidrasi, terasa kencang secara tidak wajar dan muncul garis-garis wajah, hydrating mask bisa jadi langkah pertama yang kamu lakukan sebelum mengaplikasikan make-up agar wajah lebih lembap.

Saya memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak, tetap menggunakan masker hydrating karena saya merasa kulit lebih calm sehingga mengurangi peradangan ketika berjerawat, tapi jika kondisi kulit wajah sedang oily sekali, saya mengganti ritme masker yang awalnya 3 hari untuk hydrating menjadi satu atau dua hari saja dan biasanya saya tambah jumlah hari dari masker hydrating yang saya kurangi untuk menggunakan lulur wajah. Masker hydrating yang biasa saya gunakan sebenarnya produk dari Emina tapi bisa juga menggunakan Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 92% atau agar lebih simple bisa menggunakan sheet mask.

Lulur wajah disini mempunyai manfaat untuk menutrisi kulit karena memiliki kandungan bahan aktif lebih dari satu, masker wajah yang saya gunakan adalah Velrose Secret Nature Organic variant Carrot Tomato untuk wajah berjerawat. Namun lulur wajah variant ini mengclaim cocok untuk kulit normal atau berminyak dan sensitif, selain mengandung carrot dan tomato, masker ini juga mengandung jeruk nipis, gandum, madu, susu, beras. Saya semakin suka dengan lulur wajah ini karena mengandung madu yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi.
Anti-inflamasi, atau antiinflamasi, adalah milik suatu zat atau perawatan yang mengurangi peradangan atau pembengkakan.

Biasanya saya alergi terhadap produk kecantikan yang mengandung beras, baik masker ataupun cream wajah. Tapi sepertinya kandungan beras di lulur wajah ini tidak terlalu banyak dibandingkan dengan bahan-bahan yang lain karena tidak menimbulkan alergi selama pemakaian kurang lebih enam bulan.



Itu adalah sedikit tips untuk menggunakan facial mask setiap hari tapi disesuaikan dengan kondisi  kulit masing-masing terlebih dahulu ya.

You Might Also Like

0 Comments