Antara Bahasa dan Kenangan (Prisda, Vincent, Amel, Dia)

August 16, 2018


Kali ini gue mau bahas tentang keuntungan mempelajari bahasa asing, gue nulis ini ga dalam bahasa formal ya.

Pict from sundaekids


Gue mulai dari pengalaman gue aja kali ya, gue belajar bahasa asing itu saat gue SMP kelas 1 sampai kelas 2 kalo gue ga salah inget, itu les bukan yang di dapet dari sekolah. Klo dari sekolah gue udah mulai dari kelas 3 SD.
Awalnya gue ga suka belajar bahasa asing, gue mikirnya buat apa sih ? ribet juga, cara baca dan tulisannya aja beda. Tapi nyokap gue maksa terus buat les bahasa Inggris. Yaudah karena gue tau biayanya juga ga murah, gue lanjut walaupun males-malesan sampai pindah-pindah tempat les dan gue ngerasa ga ada kemajuan dari hasil les itu, entah karena gue emang terpaksa belajarnya atau karena faktor lain.

Gue sempet ngalamin yang namanya diketawain orang, dan itu dilakuin sama guru les gue sendiri di tempat kursus, saat gue salah baca satu kata benda, waktu itu gue belum tau kalo karakter orang Indonesia klo ada orang yang lagi belajar dan dia salah, terlebih belajar bahasa asing lo akan diketawain yang gue lakuin saat umur gue belasan itu. Gue berhenti les.

Buat gue kayak ga etnis aja itu orang, temen-temen yang lain satu ruangan ga ada yang ketawa saat gue salah (mungkin karena masih sama-sama belajar dan mereka takut diketawain juga), orang itu doang yang ketawa, kenceng pula.
Akhirnya nyokap gue nanya kenapa gue ga mau les lagi dan gue jawab apa adanya, tapi orang lain ga tau. Pure nyokap gue aja sampai orang itu tiba-tiba dateng ke sekolah gue terus nyapa dan nanya kenapa gue ga masuk-masuk. Tapi orang itu cuma gue diemin. Mungkin dia ngerasa bersalah dan berujung dateng ke rumah, dan disitulah dia baru minta maaf. Telat sih menurut gue, gue udah ga berminat lagi belajar bahasa asing, gue bener-bener ga pernah mau les bahasa asing lagi.
Terakhir kali mau naik kelas 3 gue denger kabar dari temen gue, setelah orang itu ke rumah gue, dia ga masuk kerja lagi dan gue ga mau tau urusan orang itu. Keliatannya gue sadis ya ? gue cuma ga mau mencampuri urusan orang lain walaupun cuma sekedar basa-basi.
Fyi, ini temen deket gue yang penasaran dan maksa gue les lagi dan dia nanya kenapa gue bisa jutek banget sama orang itu dan akhirnya gue cerita.

Setelah kejadian itu, yang bikin gue mau belajar bahasa asing lagi bahkan cuma otodidak karenaaaaaaa.. waktu gue di SMF kelas 1 mau naik kelas 2 cerita singkatnya sekolah gue gabungan sama anak-anak dari TK, SD, SMP, SMA dan SMF.

Duh, gue bingung gimana ceritanya.

Dia bisa dibilang adek kelas gue, karena umurnya di bawah gue dua tahun tapi yang gue tau belakangan waktu itu, anak ini cukup popular di sekolah. Asal muasalnya temen gue yang suka sama dia, terus katanya bosen. Gue cuma bercanda waktu bilang “yaudah gue aja yang suka ya ? boleh ga ?” jadinya malah beneran.
Karena anak itulah gue jadi malu, umur dia dibawah gue tapi dia lebih bisa bahasa Inggris.
Gue jadi sering-sering nanya sama temen-temen gue yang lebih bisa, yang jadi korban kerusuhan itu Prisda, Vincentia (gue biasa panggil dia pincent, titaa atau malah kadang sesuka gue aja, wkwkwk), Amel.

Dari Prisda gue belajar kegigihan, dia waktu kelas 2 duduknya bener-bener tepat disebelah meja gue, dia sering bisik-bisik klo Ms.An (re: initial) nanya tapi gue ga ngerti dan Prisda sampai dilempar spidol karena bantuin gue ngejawab pertanyaan dari Me.An , Pincent ada andil buat ngerti atau ga ngerti tulis aja, waktu kelas 1 dia duduknya di belakang gue dan gue sering liat catetan dia (tepatnya curhatan) tulisannya bahasa Inggris semua dan gue nanya kok bisa ? Gue aja mau begitu bingung, dia cuma jawab “Tinggal tulis aja Ayu.” Kalo salah gimana ? “Ya pokoknya tulis aja, gampang kok.” 
Nah klo Amel ini jadi tempat gue diskusi “Mel ini kok bisa begini, kenapa ? terus kenapa dibaca begini ?” dia sabar orangnya dan ga berubah sampai sekarang kecuali klo ada yang ganjen (nulis ini sambil nahan ketawa).

Dan anak itu sih yang umurnya dua tahun di bawah gue yang secara ga langsung ngajarin gue, gimana malunya jadi orang yang tertinggal, ga paham. Oiya gue sama anak ini tuh ga saling deket, dia juga bukan anak Farmasi kayak gue. Dulu gue sering bilang, sebelahan sama dia aja rasanya pengen mimisan (Tapi gue setiap kebayang ini selalu pengen senyum-senyum bahagia. Norak ya gue. Hahaha).

Gue yang sekarang juga masih orang yang sama, orang yang bodoh, gue juga masih harus banyak belajar, bahasa Inggris gue juga biasa-biasa aja modal nekat (belum fasih banget), terserah mau bener atau salah karena seiring berjalannya waktu gue paham, klo orang luar atau bule ga akan pernah ngetawain kita klo kita salah ngomong.

Kenapa gue bisa ngomong begitu ?

Setelah gue lulus, gue langsung kerja di Rumah Sakit swasta dan dari sanalah kenekatan itu bermula, gue awalnya takut, klo ada bule yang nanya hal simple aja gue susah jelasinnya, kalimat sederhana aja susah keluar dari kerongkongan jatohnya gue kayak lagi kumur-kumur.
Tapi lama kelamaan, gue berani karena sering disuruh-suruh juga sih “Ay/Yu, dek, maju sana gih ada pasien bule gue/kakak ga ngerti) yaudah gue maju, klo ga gitu kan gue ga pernah tau kemampuan gue sampe dimana dan ga ada orang yang tiba-tiba langsung bisa klo dia ga mau berusaha ataupun mencoba.

Intinya sih, klo kita mau belajar bahasa asing apapun itu, kita bisa dapet kesempatan dan belajar hal-hal baru yang sebelumnya ga pernah kita sangka, gue juga pernah baca klo belajar bahasa asing bisa mengurangi penyakit Alzheimer dan Demensia nantinya (klo belum tau sila gugling), yang lebih penting adalah memang udah terbukti yang bisa bikin kita ga maju ya orang-orang Indonesia itu sendiri (Ga semua tapi memang ada). Temennya mau maju, mau bisa tapi diremehin dan diketawain, dibilang sok Inggris, klo lagi belajar bahasa yang lainnya juga dibilang gitu.
“Ya lo mah sok Jepang, sok Korea, sok German” dan lain-lainnya sampai kita dibikin setara sama mereka, klo ketemu orang-orang kayak gini coba cari circle baru, temuin orang-orang yang mau belajar dan mau ngedukung tapi tetep kasih tau klo kita lagi berbuat kesalahan.

Udah segitu aja, klo makin flashback gaswat.
Ambil baiknya aja ya, mudah-mudahan sih ada klo ga ada gue makasih banget kalian mau ngeluangin waktu baca ini.
<smile>



You Might Also Like

0 Comments