Kilas Balik 2018

December 31, 2018

31 Desember 2018
19.15



Sebelum tahun baru gue mau kilas balik setahun belakangan ini, buat gue ini transisi dari umur 23 ke 24 tahun.
Semakin bertambahnya usia, semakin gue banyak belajar. Belajar gimana rasanya mengendalikan ego dari keinginan, rencana yang kadang ga sesuai sama ekspektasi.
Di usia gue, sebelum terlalu disorotnya "Nikah Muda" udah banyak pertanyaan kapan nikah, apalagi sekarang semakin banyaknya pelaku nikah muda yang udah ga di anggap tabu dan terburu-buru justru punya kebanggan tersendiri bagi para pelakunya.
Semakin seringlah orang-orang yang bahkan memasuki usia 20 tahun, udah dapet pertanyaan "KAPAN NIKAH?" termasuk gue.
Gue sebenernya biasa aja, karena pada dasarnya gue memang pengen nikah muda tapi bukan kayak lomba. Klo liat temen deket nikah gue langsung pengen buru-buru ikutan juga. Nope.
Tapi kayaknya klo keseringan dapet pertanyaan itu, gue justru curiga sama yang nanya, entah dia ga kreatif atau basa basinya emang selalu basi dan jadi itu terus?? 

Kenapa gue bahas sampai ke soal menikah, karena gue udah ga khawatir lagi sebenarnya mau nikah di umur berapa, tapi masih banyaknya orang lain yang kayak mengkasihani, bilang standard nya tinggi, padahal ga pernah nanya langsung cuma sekedar kenal, entah kenapa begitu. Masa-masa khawatir itu udah lewat buat gue, yang gue tau, gue cuma harus melaksanakan tugas gue sekarang sebagai anak dan mahasiswi sebaik2nya. Karena Tuhan yang lebih tau kapan gue layak menikah. Orang tua gue pun ga kasih pressure tentang menikah itu sendiri justru datengnya dari lingkungan luar. Ajaib memang perilaku orang Indonesia yang terlalu peduli sama kehidupan personal orang lain bahkan dijadikan pertanyaan pembuka di setiap kesempatan pertemuan, yang disengaja ataupun engga.

Lanjut kilas balik, selain mengendalikan ego dan tentang menikah. Di tahun ini banyak sekali nano nano nya, dari dapet banyak kesempatan baru. CNN Indonesia, LOA buat ikut Asia Youth Iternational Model United Nation, dapetin penghasilan dari hobby, belajar bahasa asing lagi, survive akan jatuh bangunnya, menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan percaya sama kemampuan diri sendiri.
Gue bersyukur walaupun perjalanan tahun ini banyak aral melintang, gue ga nyerah.


Gue cuma mau bilang "I love you, thanks for survive and never give up, thanks to be yourself and thanks to be better than yourself at the past." 

Klo dimasa depan nanti lu nemuin kesulitan lagi atau bahkan lebih sulit, lo balik ke sini, baca ini dan hapus air mata lo, berjuang lagi. Karena dulu lo berhasil tetep jadi orang waras di tengah dunia yang semakin ga waras!



You Might Also Like

0 Comments