Smartphone kekinian untuk kawula muda di era industri 4.0 – Vivo S1

August 11, 2019


Pict from: https://www.vivo.com

Indonesia sudah menapaki era Industri 4.0, yang antara lain ditandai dengan serba digitalisasi dan otomasi. Rektor Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA., membahas mengenai apa itu “Revolusi Industri 4.0”. Dalam peralihan revolusi industri 1.0 ke 2.0 ialah bergantinya pekerjaan berbahaya dan berat dari manusia oleh mesin. Kemudian pada industri 3.0, proses pekerjaan yang berulang digantikan oleh mesin dan menggunakan sistem komputerisasi. Lalu pada industri 4.0, ditandai dengan revolusi digitalisasi. Mesin digantikan oleh artificial intellegence (AI). Tadinya manusia yang berpikir, sekarang robot yang berpikir, dan ini akan sangat banyak terjadi di masa yang akan datang,” ujarnya.

Salah satu perubahan yang dirasakan pada generasi milenial adalah perkembangan pasar smartphone pada revolusi industri 4.0. Bukan sedikit dari kita ketika berpergian jika smarthphone-nya tertinggal akan merasa panik, "without smartphone millenials can’t life". Bukankah begitu kawula muda?

Kutipan tersebut selaras dengan apa yang dikatakan oleh Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB yang juga dalam hal ini sebagai Data Scientist Sharing Vision. Dimitri mengatakan bahwa seiring dengan pertumbuhan tersebut, pasar smartphone di Indonesia hingga saat ini masih didominasi oleh Android. Android telah menguasasi lebih dari 90 persen pasar smartphone di Indonesia dan 75 persen di dunia.
"Bahkan dari sekitar lima juta aplikasi yang berjalan di atas Smartphone saat ini, 40 persen-nya merupakan aplikasi berbasis Android. Berbeda dengan Android yang saat ini menguasasi pasar dunia dan Indonesia, diketahui bahwa pasar iOS malah mengalami penurunan. iOS saat ini hanya menguasai sekitar 20 persen pasar Smartphone di dunia dan hanya 5,8 persen pasar di Indonesia," ujar Dimitri dalam acara Sharing Vision di Bandung. Di saat yang sama, kata Dimitri, Apple yang pernah menjadi pesaing kuat Android mengalami penurunan saham sebesar 38 persen sejak Oktober 2018.

Dilandasi oleh berbagai faktor tersebut Vivo akhirnya resmi melepas series Vivo S1 di Indonesia lewat acara peluncuran yang digelar di Jakarta, Selasa (16/7/2019). Ini merupakan ponsel pertama Vivo di seri S yang menyasar segmen anak muda. Vivo S1 memiliki desain layar Ultra All Screen dengan rasio bodi-ke layar yang sangat tinggi. Kesempurnaan pada bentuk simetris Vivo S1 memberikan efek tampilan yang fantastis. Dengan layar Super AMOLED berukuran 6,38 inci, rasio layar 19,5:9 dan rasio bodi-ke-layar hingga 90%, kalian dapat menikmati tampilan yang luas tanpa batas.

Dikarenakan menyasar kawula muda, desainnya pun terbilang kekinian. Layarnya yang berukuran 6,38 inci dihiasi "notch" atau poni yang membulat sebagai tumpuan kamera depan beresolusi 32 megapiksel. Memiliki layar Super AMOLED dengan kejernihan tinggi, Vivo S1 mendukung fitur Always On Display yang hanya mengonsumsi sedikit daya. Kalian juga dapat mengatur tema pada fitur ini untuk menambah daya tarik dan menonjolkan gaya kalian. Dengan bantuan fitur ini, kalian dengan mudah dapat melihat jam atau notifikasi pada ponsel saat kapanpun juga.

Pict from: https://www.vivo.com


Selain itu sejak teknologi Screen Touch ID diluncurkan, Vivo telah menjadi yang terdepan dalam memberikan pengalaman pembukaan ponsel terbaik. Cukup dengan satu sentuhan, layar di Vivo S1 kalian akan terbuka dengan cepat. Berbagai efek animasi juga tersedia, membuat pembukaan kunci pada ponsel kalian menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Pict from: https://www.vivo.com


Vivo S1 juga membuat sebuah terobosan dalam pembuatan desain ponsel, menggunakan teknik pelapisan nano-ion yang meggabungkan fashion dengan alam sehingga menghasilkan dua warna unggulan: Cosmic Green dan Skyline Blue. Perpaduan warna dan efek pantulan cahaya dikombinasikan dengan desain 2.5D yang nyaman digenggam, menghasilkan desain yang sangat memukau.

Left: Cosmic Green | Right: Skyline Blue
google drive blogger jakarta-www.anggrainica.com

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, karena menyasar kawula muda sehingga Vivo S1 dilengkapi dengan kamera depan 32 megapiksel yang terdepan dalam industri, serta resolusi Ultra HD yang akan memberikan hasil selfie kalian dengan tingkat ketajaman dan kejernihan yang tinggi. Kamera ini juga didukung dengan beberapa mode, seperti AI Face Beauty, AI Selfie Lighting, AR Stickers, AI Filter, dan fitur lain, dapat membuat pengambilan selfie kalian semakin seru dan menyenangkan.

AI Face Beauty//Pict from: https://www.vivo.com

AI Triple Rear Camera Pengalaman Fotografi Profesional didukung kamera sensor Sony IMX499, mengambil foto dengan Vivo S1 menjadi lebih akurat dan presisi. AI Portrait Framing membantu kalian mendapatkan komposisi terbaik untuk rasio sempurna dan memberikan pengalaman menyenangkan setiap kali kalian mengabadikan momen di hidup kalian.
Terlebih untuk kalian yang menyukai Groupfi a.k.a Group Selfie, AI Super Wide-Angle Camera dapat memperluas pandangan hingga 120°, sehingga dapat menangkap lebih banyak pemandangan, objek serta dunia yang lebih indah. Saat group selfie, kamera akan secara otomatis berubah menjadi mode Super Wide-Angle untuk mendapatkan tampilan lebih luas.

AI Tripple Rear Camera//Pict from: https://www.vivo.com

Dan jangan khawatir, dengan banyaknya kelebihan dan fitur-fitur menarik, Vivo S1 juga sudah dilengkapi dengan prosesor octa-core dengan desain 12nm dan kecepatan hingga 2.0GHz. Dengan RAM 4GB dan ROM 128GB, kalian dapat menjalankan lebih banyak aplikasi dan games dengan lancar. Kecepatan, besarnya RAM juga ROM pada Vivo S1 ini juga didukung baterai dengan daya sebesar 4500 mAh dan teknologi Dual-Engine Fast Charging. Kalian tidak perlu repot membawa powerbank lagi dan dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih tenang.

Pict From: https://www.vivo.com

Untuk kawula muda penyuka games a.k.a gamers, ada kabar gembira untuk kalian semua!! Ultra Game Mode pada S1 akan memberikan pengalaman terbaik dalam bermain game. Fitur terbaru yang ditambahkan, Game Countdown, akan memberitahu sisa waktu sebelum permainan dimulai, sehingga Kalian dapat melakukan aktivitas lain saat menunggu. Tak hanya itu, fitur Multi-Turbo akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih lancar, mengurangi frame-drop hingga 300%, dan tentu sangat berguna bagi para gamers.

Pict From: https://www.vivo.com

Karena Vivo mengikuti perkembangan di era industri 4.0 berbagai peningkatan AI pada Vivo juga diikuti dengan fitur Jovi yang semakin memahami kebutuhan dan keinginan kalian. Selain Smart Button dan Jovi Image Recognizer, Vivo S1 juga menyediakan Google Assistant yang didesain khusus untuk lebih memahami apa yang kalian inginkan. Juga terdapat cara mudah untuk mengaktifkan kekuatan cerdas dengan Smart Button terbaru hanya dengan sekali klik. Satu klik untuk mengaktifkan Google Assistant dan dua klik untuk mengaktifkan Jovi Image Recognizer. Penggunaan yang sangat mudah dan tidak ribet.
Pict From: https://www.vivo.com

Pict From: https://www.vivo.com


Yang tidak kalah keren adalah Vivo S1 memiliki perintah suara yang dapat disesuaikan oleh pengguna. Ingin secara cepat mengaktifkan AI Face Beauty, membersihkan memori ponsel, atau mencari salah satu gambar dalam album? Vivo S1 siap memahami apa yang kalian butuhkan. Pada fitur Jovi juga dilengkapi dengan Jovi Image Recognizer yang memiliki akses ke berbagai platform e-commerce untuk melakukan pencarian melalui database yang mencakup lebih dari setengah miliar produk. Memudahkan Anda menemukan produk yang Anda butuhkan dan nikmati belanja dengan AI yang futuristik.

Pict From: https://www.vivo.com
Untuk design dari Vivo S1 dengan kapasitas baterai yang cukup besar ini termasuk slim, sehingga sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari dan juga tidak menghabiskan banyak space ketika dibawa setiap hari di dalam tas atau dimanapun dan kapapun.

Beberapa foto Vivo S1 dengan design yang ramping:

    

 
*all pict from: google drive blogger Jakarta & website vivo



Ringkasan:




Nah dengan berbagai keunggulan dan fitur menarik yang ditawarkan oleh Vivo, untuk Vivo S1 ini hanya dibandrol dengan harga   Rp. 3.599.000 saja, yang saya rasa sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh Vivo S1 yang dapat dimiliki dalam satu genggaman Smarthphone kekinian ini. Jika kalian memiliki pertanyaan, kalian dapat langsung menanyakan di forum Vivo pada link berikut ini;

Vivo club merupakan Komunitas smartphone android vivo  dari Vivo Indonesia. Komunitas ini menjadi forum diskusi pengguna vivo, forum handphone android. VivoClub.id hadir sebagai platform media untuk para fans/pengguna dapat bertukar informasi terkait hal-hal yang sedang trend, terutama bidang teknologi dan smartphone photography
(sumber: Vivo Club Indonesia).

Dan agar kalian juga tidak ketinggalan berbagai info, new update dan giveaway dari Vivo kalian bisa follow media sosial di bawah ini;
Instagram@vivoclub_indonesia 
YouTube Channel: Vivo Club


Pict from: https://www.anggrainica.com/


⍟⍟⍟

Peringatan:
1.Bila diukur secara diagonal persegi panjang, ukuran layar adalah 6,38 inci, sedangkan bila diukur secara diagonal dari sudut melengkung, ukurannya adalah 6,16 inci.
2.Daya baterai diukur berdasarkan penggunaan normal pada lingkungan laboratorium.
3.Gambar produk yang ditampilkan hanya sebagai referensi, sementara gambar yang ditampilkan pada layar ponsel merupakan simulasi dan hanya untuk keperluan peragaan. Silahkan lihat produk yang sebenarnya sebagai acuan standar. Semua perbandingan yang ditampilkan pada halaman ini hanya merujuk pada produk Vivo.
4.Semua data berdasarkan pada parameter desain teknis, hasil pengujian laboratorium dan data pengujian supplier. Performa yang sebenarnya dapat bervariasi bergantung pada versi perangkat lunak, lingkungan pengujian tertentu, dan model ponsel.
5.Pelindung layar lain (bukan resmi dari Vivo) dapat mempengaruhi keakuratan Screen Touch ID. Pastikan Anda selalu menggunakan pelindung layar Screen Touch ID yang resmi.
6.Merek dagang Google yang ditampilan pada halaman ini adalah milik Google.
7.Vivo berhak mengubah spesifikasi dan deskripsi, serta mengubah produk yang dijelaskan tanpa pemberitahuan sebelumnya.















Sumber:
  • Ketika Pengguna Internet dan Smartphone Terus Meningkat, Android Dominasi Pasar Indonesia dan Dunia
  • Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo S1 di Indonesia






You Might Also Like

5 Comments

  1. Emang juara ya Vivo S1 ini, pasti booming ini bakalan.

    ReplyDelete
  2. Aku pun pernah sebel banget karena pas pergi eh ternyata smartphone ketinggalan di rumah. Btw, Vivo S1 ini memang banyak juga ya keunggulannya.

    ReplyDelete
  3. Generasi terbaru dari seri S. Perdana namun udah keren.

    ReplyDelete
  4. Smartphone kekinian yang cocok banget buat kita-kita di era digital ini.
    Vivo S1 emang mantul.

    ReplyDelete