Tindakan Preventif Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Memerangi Si Coronavirus

April 23, 2020



Menurut KBBI preventif; bersifat mencegah (supaya jangan terjadi apa-apa). Tindakan preventif yang sudah di lakukan oleh pemerintah adalah memberlakukan social distancing, physical distancing  dan PSBB untuk mencegah agar tidak terjadi apa-apa kepada masyarakat Indonesia. Namun tidak terjadi atau terjadi apa-apa = terjangkit virus corona ini membutuhkan kesadaran masyarakat yang tinggi untuk mengurangi kerumunan, menginfokan kepada pemerintah atau tenaga medis terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika pernah kontak dengan pasien Covid-19.

Seringnya yang terjadi justru sebaliknya, di televisi masih ada saja orang yang memiliki stigma kalau terjangkit Corona adalah sebuah aib, padahal tidak. Justru dengan memahami kalau dengan berkata jujur dan menerima kondisi sebagai pasien yang terjangkit Covid-19 bisa meminimalisir penyebaran virus tersebut, kalau kita menutup-nutupi malah bisa menyebarkan ke tenaga medis yang memeriksa , karena menganggap pasien yang sedang ditangani hanya sakit biasa, karena ketika ditanyai beberapa informasi tidak bersikap terbuka dan juga bisa menyebarkan ke orang lain yang berada di sekitar kita.

Jadi langkah-langkah preventif yang bisa kita lakukan adalah:

1. Menjauhi kerumunan atau bepergian ke kawasan red zone jika tidak mendesak

Di saat seperti ini sebaiknya kita menghindari berkunjung ke tempat umum, mengurangi berkumpul dalam kerumunan, dan juga menunda dulu bepergian ke kawasan red zone atau xona merah, dan menunda mudik. Semua itu dilakukan untuk kebaikan bersama, karena kita tidak pernah tau apakah kita menjadi perantara pembawa Coronavirus. Terutama jika nanti kita berinteraksi dengan orang tua atau bayi yang lebih rentan terkena Coronavirus.

2.Mengurangi kontak fisik

Gue sudah melihat beberapa perbedaan ketika berbelanja ke minimarket dekat rumah, beberapa diantaranya untuk mengurangi kontak langsung antara kasir dan pembeli, menggunakan tirai bening dari plastik yang lumayan tebal untuk membuat jarak saat transaksi pembayaran, ada juga yang membuat tanda X dengan mengatur jarak agar pembeli satu dengan pembeli yang lain tidak langsung bersinggungan ketika antre. Begitu juga dengan tempat-tempat umum lainnya pun melakukan hal yang sama untuk mengurangi kontak fisik.

3.Cuci tangan dan sterilisasi barang-barang

Seperti yang sudah gue pernah bahas di awal postingan kalian bisa bisa klik di sini atau untuk lebih lengkapnya bisa langsung klik label thoughts mudah yang bisa kita lakukan, dengan cara cuci tangan yang benar dalam waktu hanya 20 detik saja sudah membantu kita untuk terhindar dari Coronavirus.

Sterilisasi barang-barang ini dimaksudkan untuk membersihkan barang-barang yang sering kita bawa keluar rumah dan sering kita pegang, seperti handphone. Cara sterilisasinya cukup mudah hanya dengan menggunakan kain bersih dan sabun yang dicairkan dengan air, lalu masukkan kain ke dalam larutan sabun dan peras, kemudian gunakan untuk membersihkan handphone kita. Ada cara lain yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan tisu basah, tapi sama sepereti menggunakan kain bersih dan cairan sabun jangan lupa untuk peras dulu tisu basahnya karena biasanya masih terdapat alkohol yang lumayan banyak di tisu basah.

4.Menjaga kesehatan

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan kita, diantaranya berolah raga (tentu dengan memperhatikan point nomor 1 di atas ya), perbanyak makan buah dan sayur, dan mengkonsumsi multivitamin secukupnya.

5.Jangan Panik

Kita memang harus waspada tapi tetap hindarkan diri kita dari rasa panik berlebihan dengan menumpuk bahan makanan, disinfektan, masker, dan lain-lain. Menimbun berarti kita menghilangkan akses banyak orang terhadap barang yang mungkin lebih dibutuhkan orang lain.

6. Update Diri

Terakhir yang paling penting karena bisa membantu mengurangi rasa panik, yaitu mengupdate diri dengan mencari info terbaru dari situs resmi dan selalu kroscek berita yang beredar atau yang kita terima dari berbagai macam group, agar kita terhindar dari hoax.

Ini adalah upaya preventif yang bisa gue share untuk mengantisipasi agar terhindar dari Coronavirus, tetapi jika kalian merasa kesehatan mulai menurun jangan ragu untuk menghubungi atau memeriksakan diri ke dokter ya.


Stay safe ya everyone! :)  

You Might Also Like

1 Comments