Jangan lupakan ini dalam pemakaian skincare routine !!

July 14, 2018





Disclaimer
Ini adalah hal-hal yang biasa saya lakukan dalam pemakaian skincare routine berdasarkan beberapa sumber yang dijadikan referensi dan produk yang saya gunakan adalah yang sesuai dengan jenis kulit saya. Hasilnya bisa berbeda di setiap orang.



1. Double Cleansing
Pertama yang saya lakukan sebelum membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah adalah membersihkan wajah dengan micellar water sebagai tahap first cleansing. Biasanya saya lakukan setelah seharian beraktifitas di luar rumah, jika sedang libur dan tidak kemana-mana atau di pagi hari yang hanya membersihkan sisa pelembab atau skincare malam hari akan langsung cuci muka.
Micellar water yang saya gunakan adalah Garnier Micellar Cleansing Water For Sensitive Skin (Pink). Sebelumnya saya menggunakan Garnier Micellar Cleansing Water For Acne Prone Skin (Biru), akan tetapi  ketika digunakan terasa perih di wajah, mungkin karena terdapat kandungan alcoholnya, walaupun saya tidak alergi terhadap alcohol tapi lebih terasa nyaman menggunakan garnier micellar water pink.
Garnier Micellar Water Pink & Biru

Step selanjutnya adalah double cleansing, menggunakan pembersih wajah yang dipakai dengan air. Saya menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. 
Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini tidak menghasilkan busa sabun dan tidak perih di mata.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser



2. Setelah membersihkan wajah, saya menggunakan Rose Water sebagai toner. Kalian dapat menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit, akan tetapi bila kalian menggunakan toner yang mengandung AHA1)/BHA2) dianjurkan untuk menggunakan sunscreen di step selanjutnya. Rose water yang saya gunakan dari Haple atau Viva Air Mawar.
Salah satu guna dari pemakaian toner ini adalah menyeimbangkan pH kulit dan memudahkan penyerapan skincare yang akan kita gunakan.

Toner wajah dapat membantu menyeimbangkan pH atau potensi hidrogen tingkat kulit Anda. Tingkat pH merupakan indikasi dari keasaman kulit Anda yang diukur dari skala 0 hingga 14, dengan skala 7 di tingkat yang netral. Memiliki tingkat pH yang seimbang, maka kulit Anda tidak rentan terhadap kadar minyak dan infeksi sehingga dapat menghasilkan penampilan wajah yang lebih cerah dan halus.

Haple Rose Water & Viva Air Mawar



3. Selanjutnya saya menggunakan Essence, kalian juga bisa menggunakan serum.
Essence yang saya gunakan, salah satu produk dari Benton yaitu, Snail Bee High Content Essence.

Essence wajah dengan formulasinya yang terkonsentrasi secara khusus mampu membantu menghilangkan keriput, garis-garis halus, warna kulit yang kusam dan tidak merata. Kandungan bahan aktif di dalamnya membantu mengoptimalkan sel-sel alami kulit untuk beregenerasi secara terus menerus sehingga kulit lebih halus dan cerah.

Benton Snail Bee High Content Essence


4. Ditahap ini saya menggunakan Lotion, lotion yang saya gunakan Snail Bee High Content Lotion. Yapssss, ini produk yang sama dengan essence di tahap sebelumnya.
Lotion ini berguna untuk menjaga kelembapan kulit kita. Selembap apa pun kulit kita, kita tetap harus memakai moisturizer lotion. Pilih yang berbahan dasar air untuk kulit yang berminyak.

Benton Snail Bee High Content Lotion



5.Walaupun saya tidak menggunakan toner atau produk lain yang mengandung AHA/BHA, saya tetap menggunakan sunscreen. Saya sempat mencoba Bioré UV AQUA Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++
Keterangan pada box kemasan salah satunya tidak boleh digunakan untuk wajah yang berjerawat, tapi selama saya menggunakan ini, cocok dan tidak ada masalah yang muncul, product ini meng-claim bahwa water proof sunscreen yang memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keringat & air, namun mudah dibersihkan dengan facial/body foam biasa.
**berdasarkan uji water resistance selama 80 menit


Namun, sunscreen yang saya gunakan saat ini adalah SKIN AQUA SPF 50+ PA+++ yang bisa digunakan untuk wajah berjerawat, karena dapat digunakan untuk semua jenis kulit dan juga bisa dijadikan sebagai base make up. Kedua produk ini sama-sama mengandung Hyaluronic Acid (AcHA) yang dapat membuat kulit wajah semakin cerah dengan pemakaian yang rutin.
Penggunaan sunscreen ini baik digunakan secara dini, untuk mencegah flek hitam yang akan muncul seiring bertambahnya usia, juga ada yang berpendapat jika sunscreen ini memberikan peranan penting dari proses skincare yang sebelumnya kita gunakan, kurang lebih begini.

“Semahal apapun produk skincare yang kamu pakai, jika tidak menggunakan sunscreen sama saja sia-sia.”

Mungkin ada benarnya, karena saya merasa setelah menambahkan sunscreen dalam skincare routine yang digunakan merasa kulit mendapatkan perlindungan yang lebih. Hasil yang terlihat adalah bekas-bekas jerawat yang baru lebih cepat hilang, dibandingkan sebelum saya menggunakan sunscreen. Sinar matahari tidak langsung mengenai kulit karena dilindungi dari pemakaian sunscreen di step terakhir.

 SKIN AQUA SPF 50+ PA+++ dan Bioré UV AQUA Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++



***



1)        AHA (alpha hydroxy acids)
Bekerja pada permukaan kulit dan dengan lembut melarutkan ikatan di antara sel kulit mati sehingga mudah diangkat serta membuat permukaan wajah lebih lembut dan halus. Sifatnya sangat mudah larut dalam air, sehingga tidak menembus jauh di bawah permukaan kulit. Namun mampu mengurangi munculnya garis-garis halus, bekas jerawat dan bintik hitam. Melihat khasiat dari AHA, tak heran jika kemudian AHA menjadi salah satu bahan favorit yang disertakan dalam produk pembersih kulit dan pengelupasan kulit (peeling). Meskipun begitu, banyaknya kulit mati yang terkelupas tergantung dari kandungan persen dari AHA.
AHA bisa digunakan setiap hari, tapi bagi Anda yang berkulit kering mungkin harus hati-hati menggunakannya karena jika digunakan terlalu sering dapat membuat kulit terlalu kering. Karena lebih lembut, Anda yang berkulit sensitif juga disarankan memakai AHA daripada BHA.

2)        BHA (beta hydroxy acid)
Jika AHA larut dalamair, maka BHA bisa larut dalam minyak. Karena sifatnya ini pula ia bisa menembus permukaan kulit, membersihkan sebum berlebih dari pori-pori, dan mengurangi kulit wajah yang berminyak. Mereka bekerja dengan membersihkan pori-pori, menghapus minyak berlebih, kotoran, polusi dan sel kulit mati. Hasilnya, bisa membantu mengurangi komedo, noda, dan jerawat.
Seperti yang Anda duga, BHA sangat dianjurkan untuk orang-orang yang berurusan dengan komedo dan berjerawat, karena bahan ini dapat bekerja dengan baik untuk mengatasi segala masalah kulit tersebut.

Sebaiknya penggunaan kedua bahan ini juga diimbangi dengan penggunaan tabir surya setelahnya. Jadi, silakan pilih yang mana yang sesuai dengan kulit Anda.







Jika ingin sharing boleh tinggalkan di kolom komentar.
Thanks for reading.




You Might Also Like

4 Comments

  1. Replies
    1. Hahahaha iya sami2 ikohh, ditunggu yucub channel-nya yaa..

      Delete
  2. Cream malam yg recommend apa ya ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhahahaha kok kzl ya lu muncul di sini. Saya mah ga pake apa2 kak. Pake air doa mamah aja 😂

      Delete